Abadi Protesa Mata
Hubungi Kami 🙏 ladingMengirim pesan...


Information

Protesa penutup bola mata untuk menyembunyikan mata rusak tanpa operasi

Bila memungkinkan, bola mata yang rusak dan jelek harus tetap karena ada solusi yang mudah dan efisien, aman dan ekonomis, yaitu dapat ditutup, disembunyikan dengan menggunakan sejenis mata palsu.

Protesa penutup bola mata adalah perawatan yang baru dari pengetahuan ilmiah, evolusi teknik, dan biomaterial yang baru. Di masa lalu, protesa mata yang di pasang langsung di depan bola mata dapat menimbulkan peradangan sehingga perlu dioperasi terlebih dahulu. Sekarang dalam beberapa kasus besar, sudah tidak perlu lagi operasi mata untuk pasang protesa penutup yang akan bisa diterima dengan sangat baik oleh pasien dalam jangka waktu yang lama. Sampai saat ini, banyak negara yang belum bisa membuat protesa penutup bola mata dan masih melakukan operasi enukleasi, eviserasi atau kornea meskipun sudah tidak perlu.

Protesa penutup bola mata adalah protesa mata tipis, ringan dan estetis yang dipasang di depan kornea dan sklera, di depan bola mata buta atau hampir buta yang sedikit menonjol, penuh, kisut atau kecil, supaya terlihat normal setelah mengalami kecelakaan atau karena penyakit. Mengembalikan keindahan wajah akan mencegah atau menghentikan sakit psikologis dan mampu mengembalikan kepercayaan diri, sehingga memudahkan untuk bermasyarakat.

Contoh lensa penutup

Protesa penutup dibuat di laboratorium oleh okularis resmi yang lulus kedokteran, bersama pasien, satu per satu, sesuai ukuran bola mata pasien yang pas.

Hasil estetik dengan protesa penutup bola mata

Hasil estetik dengan lensa penutup sering kali sempurna, sering kali tidak bisa dibedakan dengan mata yang asli.

  • Hasil foto pasien APM

    Hasil estetik dengan lensa penutup lebih bagus daripada hasil estetik dengan protesa mata umum.
    Lebih nyaman pakai lensa penutup daripada protesa mata umum.
    Ada kurang perawatan dengan lensa penutup daripada dengan protesa mata umum.

  • Melirik
    Lensa penutup bisa melirik dengan baik, dan dalam beberapa kasus bisa melirik seperti mata asli, karena ada bola mata di belakangnya yang dapat menggerakkan lensa dari semua arah pandang.

  • Berkedip
    Bisa berkedip dengan baik karena lensa terletak di belakang kelopak mata.

Indikasi pemakai protesa penutup bola mata:

Tanpa operasi, semua pasien dengan bola mata rusak, buta dan jelek adalah indikasi untuk pakai protesa penutup bola mata, kecuali pasien dengan rasa sakit tinggi atau yang mempunyai penyakit yang hanya bisa dirawat dengan bedah, seperti kanker. Protesa penutup bola mata merupakan pengobatan utama dan operasi merupakan pilihan alternatif selama tidak ada pilihan selainnya.

  • bola mata penuh dengan kornea penuh.

    indikasi pemakai protesa penutup bola mata
    Bisa langsung ke okularis untuk pasang lensa

  • bola mata kisut.

    ftisis bulbi bola mata kisut
    Bisa langsung ke okularis untuk pasang lensa

  • bola mata kecil dari lahir seperti mikroftalmia sedang dan ringan.

  • mata yang juling dan yang tidak dapat di operasi.

  • bola mata yang tidak stabil dengan skleritis/ konjuntivitis kronis karena lensa akan melindungi mata dari serangan eksternal, mencegah gesekan dengan bagian dalam kelopak mata; lensa penutup akan menjadi perisai pelindung mata.


Dalam beberapa kasus sisa penglihatan yang rendah, lensa penutup akan menghentikan silau dan fotofobia.
Lensa akan menstabilkan posisi mata buta, akan mencegah eksotropia, akan mencegah mata buta bergeser/lari ke bagian luar setelah hilang pengelihatan.

Kontra-indikasi pemakai protesa penutup bola mata:

  • bola mata atau kepala yang sering rasa sakit.

  • bola mata yang terlalu menonjol.

    bola mata yang terlalu menonjol
    Kasus kontra-indikasi dengan bola mata yang menonjol sekali

  • bola mata yang sangat tidak stabil yang ada radang.

  • bola mata yang tidak bisa dirawat kecuali dengan bedah.

Tes/uji coba protesa penutup bola mata

Tes akan menentukan apakah pasien dapat menerima dengan baik lensa secara langsung.
Untuk melakukan tes, okularis mencetak bola mata dan membuat lensa bening sesuai ukuran yang akan dipasang beberapa jam sampai beberapa hari pada bola mata.
98% pasien lulus tes, maka lensa dapat dibuat.
Hanya 2% tes gagal dan pasien menjadi kontra-indikasi pemakai lensa penutup. Dalam kasus ini okularis menyarankan pasien untuk pergi operasi ke dokter mata.

Paling sering tidak usah tes dan bisa langsung memulai buat lensa penutup.

Kecuali indikasi operasi, semua kasus dengan mata rusak harus tanya untuk melakukan test terlebih dahulu dan jangan melakukan operasi kalau tidak perlu. Karena memakai protesa penutup bola mata sangat lebih mudah, aman dan ekonomis daripada melakukan operasi rekonstruksi mata yang berat, sangat berisiko dan mahal.

Di Abadi Protesa Mata Medan dan Surabaya konsultasi dan tes gratis.

Lensa bening sesuai ukuran pasien untuk tes
Lensa bening sesuai ukuran untuk tes

Spesifikasi protesa penutup bola mata

Dari bahan Poly Methyl Meta Acrylate (PMMA) medis yang lebih dikenal dengan nama populer "akrilik":

  • keras dan kuat, lensa penutup tidak bisa pecah kecuali di sengaja.

  • berat 0.40 s/d 2 gram.

  • ketebalan 1 s/d 3 mm dengan 3-5 lapisan yang membentuk mereka adalah dalam sepersepuluh milimeter.

  • diameter 2.5 s/d 3.5 cm.

  • bahannya sangat bersih dan murni, pinggirnya membentuk bulat dan permukaannya sangat halus.

Lensa penutup
Setiap lensa adalah permata yang langka dan unik, konsentrasi teknologi, pengetahuan, dan bio-material.

Daya tahan protesa mata

Di Eropa, mata palsu bisa diganti setiap 6 tahun karena asuransi yang bayar, tetapi kenyataannya bisa pakai protesa mata yang sama sampai 10 tahun, itu tergantung juga pada pemakainya, lingkungan sekitar, aktivitas dan perawatannya. Kalau di servis setiap 1-2 tahun sehingga protesa mata yang sama bisa di pakai lebih lama.

Di Indonesia protesa penutup bola mata harus diganti rata-rata setiap 8-10 tahun.

Keluhan dan risiko dengan protesa mata

Tidak ada resiko kalau anda mau melepas selama ada keluhan, itu masalah yang salah.

Paling sering adalah komplikasi ringan, bulu mata atau debu yang menempel, begitu lensa di lepas, di cuci, cuci bola mata dan di pasang ulang.

Untuk cuci bola mata pasien bisa menggunakan larutan pembersih mata yang bisa dibeli di apotek.
Setelah itu, kalau masih ada keluhan, maka lensa harus dilepas dan sementara tidak boleh dipakai lagi, anda harus hubungi kami.

Perhatian: protesa mata yang retak/kasar tidak boleh dipakai lagi.

Prioritas utama adalah kesembuhan jaringan anda. Bisa ganti lensa 10 kali, tetapi tidak bisa mengganti/mengembalikan jaringan yang telah rusak.

Jika anda mengikuti petunjuk perawatan dengan benar, maka anda dapat melindungi jaringan, kelopak mata, bola mata, dan memakai protesa dengan rasa puas seumur hidup.

Pembuat protesa penutup bola mata asli dan estetis di Asia Tenggara

Sampai saat ini, hanya ada 4 laboratorium yang memiliki ilmu, peralatan, teknik khusus dan bahan medis berkualitas yang diperlukan untuk membuat protesa penutup bola mata netral/aman, stabil dan estetik.

Lensa penutup dan bola mata yang menonjol

Ada beberapa mata yang menonjol sedikit bisa dipasang lensa penutup tanpa operasi dengan hasil estetik bagus. Lensa penutup akan diterima dengan baik oleh pasien.

kasus mata strabismus
Sebelum
kasus mata strabismus
Sesudah
Kasus strabismus dengan mata kanan buta yang menonjol in dextro-levo position (luar dan atas / X't r 20°, H't r 7.5°), tanpa operasi, dengan kornea penuh, hasil medium+.

NB: bola mata yang menonjol terlalu adalah kontra-indikasi untuk pasang lensa penutup karena pasien tidak akan puas dengan hasil estetiknya.

Kesimpulan

Protesa penutup bola mata sesuai ukuran adalah perawatan efisien, aman dan hemat untuk pasien dengan bola mata rusak dan jelek.

Perawatan utama untuk bola mata jelek dan rusak adalah protesa penutup bola mata tanpa operasi, harus operasi enukleasi, eviserasi hanya selama tidak ada pilihan selain. Tes dengan protesa penutup bening atau sementara harus dimasukkan ke dalam protokol praoperasi secara wajib.

Bpjs dan asuransi harus segera membayar lensa penutup dan berhenti membayar operasi rekonstruksi mahal dan berisiko yang sudah tidak perlu. Bpjs harus juga membayar protesa mata untuk mengurangi jumlah korban dan melindungi orang dari protesa mata palsu yang merusakkan wajah.


Untuk buat lensa penutup sempurna harus ada lebih banyak okularis asli dan kerjasama antara ahli bedah dan okularis.

RS dan klinik mata Indonesia harus segera belajar cara membuat dan pasang lensa penutup asli, netral dan aman.